Frequently Asked Questions

F.A.Q WBS-BKN


QApakah aplikasi Whistleblowing System (WBS) BKN-RI ini?

 

AAplikasi Whistleblowing System (WBS) BKN-RI merupakan aplikasi pengelolaan pengaduan dan pelaporan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan dugaan adanya pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang dilakukan/diberikan oleh pejabat/pegawai BKN-RI, atau terhadap proses kepegawaian yang terjadi di suatu instansi di daerah maupun pusat.
Amerupakan suatu aplikasi yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara untuk menerima laporan atau pengaduan atas suatu tindakan, perbuatan yang terindikasi adanya pelanggaran terhadap implementasi NSPK.


QCakupan aplikasi Whistleblowing System (WBS) BKN-RI ini?

 

ACakupan/area aplikasi Whistleblowing System (WBS) BKN terbagi menjadi dua yaitu :

>>Manajemen ASN di Instansi Pemerintah, Pengaduan pelanggaran terhadap implementasi NSPK manajemen ASN di Instansi Pemerintah dikelola oleh kedeputian bidang pengawasan dan pengendalian BKN.
>>Yang terjadi lingkungan Badan Kepegawaian Negara, pengaduan atas suatu tindakan, perbuatan yang terindikasi adanya pelanggaran di lingkungan BKN.


QApakah Whistleblower itu?

 

Aadalah seseorang yang mengadukan suatu tindakan, perbuatan yang terindikasi adanya pelanggaran terhadap Implementasi Norma, Standar, Prosedur, Kriteria Manajemen ASN di Instansi Pemerintah.
Aadalah seseorang yang mengadukan suatu tindakan, perbuatan yang terindikasi adanya pelanggaran dilingkungan Badan Kepegawaian Negara yang termasuk satuan kerja yang berada dalam lingkup Badan Kepegawaian Negara, baik itu Pegawai Negeri Sipil, Calon Pegawai Negeri Sipil dan pegawai lainnya yang bekerja di lingkungan Badan Kepegawaian Negara.
Whistleblower dirahasiakan identitasnya dan berhak mengetahui tindak lanjut pengaduan.


QJenis Pelanggaran yang bisa diadukan di WBS-BKN?

 

APelanggaran yang terjadi di Instansi Pemerintah terhadap Implementasi Norma, Standar, Prosedur, Kriteria Manajemen ASN, antara lain :
1. Penyusunan Penetapan Kebutuhan
2. pengadaan
3. pangkat dan jabatan
4. pengembangan karier
5. pola karier
6. promosi
7. mutasi
8. penilaian kinerja
9. penggajian dan tunjangan
10. penghargaan)
11. disiplin
12. pemberhentian
13. jaminan pensiun dan jaminan hari tua
14. Perlindungan
APelanggaran yang terjadi dilingkungan Badan Kepegawaian Negara :

1. Penyimpangan dari tugas dan fungsi
2. Benturan kepentingan
3. Kecurangan (fraud)
4. Gratifikasi
5. Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN)
6. Perbuatan melanggar hukum (termasuk penggunaan kekerasan terhadap karyawan atau pimpinan, pemerasan, penggunaan narkoba, pelecehan, perbuatan kriminal lainnya)
7. Pelanggaran etika pelanggaran norma-norma kesopanan pada umumnya
8. Perbuatan yang membahayakan keamanan dan kesehatan kerja, atau membahayakan keamanan Badan Kepegawaian Negara
9. Pelanggaran prosedur operasi standar (SOP), termasuk diantaranya namun tidak terbatas pada prosedur pengadaan barang dan jasa


QApakah WBS-BKN menjamin kerahasiaan pengadu/pelapor?

 

ABadan Kepegawaian Negara akan merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai whistleblower karena Badan Kepegawaian Negara hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan


QApakah nomor tiket itu dan apa kegunaannya?

 

ANomor tiket merupakan nomor registrasi pengaduan/laporan yang akan ditampilkan oleh sistem setelah pelapor mengirimkan pengaduannya, nomor tiket juga akan dikirimkan ke alamat email jika pelapor mengisi alamat emailnya. Nomor tiket ini dapat digunakan untuk mengetahui tanggapan oleh petugas yang berwenang serta status aduan. Harap nomor tiket ini disimpan baik-baik karena status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui nomor tiket tersebut.


QApakah bentuk tanggapan atas pengaduan yang disampaikan?

 

ATanggapan akan diberikan kepada pelapor berupa jawaban dari petugas masing-masing unit yang berwenang untuk menjawab. Tanggapan dan status/tindak lanjut pengaduan dapat dilihat dengan memasukkan no tiket pengaduan.


QBerapa lama tanggapan atas pengaduan yang disampaikan akan diberikan kepada pelapor?

 

ANomor tiket merupakan nomor registrasi pengaduan/laporan yang akan ditampilkan oleh sistem setelah pelapor mengirimkan pengaduannya, nomor tiket juga akan dikirimkan tanggapan oleh petugas yang berwenang serta status aduan. Harap nomor tiket ini disimpan baik-baik karena status tindak lanjut pengaduan yang disampaikan hanya dapat diberikan melalui nomor tiket tersebut.